Kamis, April 21, 2011

21 April 2011, Pertemuan 4 Pemodelan 2d

buka pekerjaan terakhir
klik ikon layer properties manager.
klik tombol new
ganti nama layer menjadi dimensi
pastikan berwarna putih ok.

aktifkan layer dimensi
beri dimensi menggunakan dimensi tool.

klik tanda lampu pada layer dimensi, lalu aktifkan layer as.

menggambar gudang
klik ikon rectangle
klik kiri icon snap form dari object snap
klik kiri pada ujung kanan atas dapur
ketik @0,1.5
ketik @-2,3

kamar/wc
klik ikon rectangle
klik kiri pada ujung kiri atas gudang
ketik @-1.5,-1.5

tambah layer dinding
aktifkan layer dinding
klik ikon multiline
ketik S
ketik 0.075
ketik J
ketik Z

klik kiri pada setiap ujung denah as.

kusen pintu
klik ikon rectangle
klik kiri pada area gambar
ketik @0.06,0.15

daun pintu
klik rectangle
klik kiri pada ujung kanan atas kusen
ketik @0.03,0.8

lengkung
klik menu draw,klik arc lalu pilih star, center, angle
klik kiri pada ujung kiri atas daun pintu, klik bawah kiri daun pintu.
ketik -90

mencerminkan pintu
klik ikon mirror
klik kiri kusen, daun pintu dan lengkung
klik kanan
klik kiri pada ujung kanan lengkung
aktifkan ortho dengan menekan f8 atau klik tombol ortho
tarik lurus ke atas/bawah lalu klik kiri dan enter

menggambar kusen pintu
klik ikon rectangle klik kiri pada ujung kanan bawah kusen sebelah kiri
ketik @-0.8,0.15

kusen tegak jendela
klik ikon rectangle
klik kiri pada ujung kiri bawah kusen jendela
ketik @0.06,0.15

menggandakan kusen tegak ke tengah
klik ikon copy
pilih objeknya (kusen tegak) lalu enter.
klik tengah2 bagian bawah kusen (gunakan OS Mid point)
klik di tengah2 bagian bawah kusen datar(gunakan mid point)

mencerminkan kusen jendela ke kanan
klik ikon mirror
klik kiri kusen jendela
klik kanan
klik kiri pada ujung lengkung
aktifkan ortho dengan menekan f8
tarik lurus ke atas/bawah

lalu klik kiri dan enter
selesaiiiiii...

21 April 2011,Pertemuan 4

·         Buka aplikasi 3d’ MAX
·         Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan
·         Pilih Menu file > new.
Pada jendela new scene pilih Keep Object
And Hierarchy. Lalu klik OK
·         Pastikan animasi yang dibuat telah
Dibuang dengan mencoba menjalankan
Tombol play
·         Klik objects tap pada tab panel
·         Klik icon sphere
·         Ditengah-tengah perspective viewport
Buat bola dengan menekan tombol kiri
Mouse kebawah lalu drag menjauhi titik awal.
Pada Create panel > parameters Roll out
Ganti radius=50 lalu enter
·         Gunakan move and selection dan pindahkan
Bola pada top  dan front viewport untuk
Memindahkan bola tepat ditengah ruang dan atas
Lantai.
·         Pada create panel > roll out Name and Colour
Klik kotak kecil berwarna disebelah nama objek sphere01
Pilih warna orange lalu klik OK.
·         Ganti nama sphere01 menjadi orange
Dan tekan enter.
·         Klik kanan pada table left viewport
Pilih menu Views > Extend > Asset Manager
(cari folder  network p multimedia/adil)
Cari file orangetex.jpeg
·         Klik dan drag orangetex.jpeg ke object  bola
Lalu lepas tombol mouse
·         Pada panel modify > rollout parameters
Ganti segment =50
·         Klik kanan pada perspective viewport, dari menu
Rendering pilih render.
Dalamkotak dialog rendering pilih render
·         Tutup jendela renderinig
·         Pada main toolbar, klik material editor atau
Tekan M pada keyboard
·         Pilih sampel material pertama atau sampel
 material yang masih kosong.(contoh
pada sampel kedua dengan nama material
#2)
·         Klik tombol pick material from object ("eyedropper”)
Disebelah nama material. Pindmahkan kursor
Dari material editor ke perspective viewport
Tepat diatas buah jeruk lalu klik
·         Ganti nama material menjadi orange peel
Lalu tekan enter
·         Klik roll out blinn basic.
Parameters untuk menutupnya, dan klik
Roll out maps untuk membukanya
·         Pada roll out maps, seret/drag diffuse map
(orangetex.jpeg) ke bump channel, dan
Lepaskan tombol mouse.
·         Klik instance lalu OK.
Tentukan pada kotak masukan
Channel amount bump= -100
·         Coba render hasil pekerjaan material.
·         Perkecil material editor.
Kembalikan viewport asset manajer menjadi
Left  viewport.
·         Rubah viewport perspective menjadi
Camera viewport
·         Atur camera pada top dan front viewport
Sehingga tampilan camera01 mrnjadi 1
Tampilan untuh buah jeruk.
·         Aktifkan tombol animate.
Pindahkan track rolldari 0/100 ke 50/100
Pada top/front viewport gerakkan kamera
Menjauh dari objek jeruk hingga terlihat
Label nama di dinding
·         Non aktifkan tombol animate.
Tekan Ctrl + Shift dan klik drag track
Abu abu pada 0/100 ke 80/100
Yang berubah menjadi track putih.
·         Coba jalankan tombol play.
·         Jika animasi telah sesuai klik menu rendering > render
Atur time output pada active time segment
0 to 100  atau rang 0 to 100
·         Atur output size menjadi 640x480 klik tombol files
Beri nama masing masing dan pastikan
Penyimpanan dalam *.avi/
Tekan save. Pada jendela video compression
Biarkan settingan yang ada pada cinepak
Codec by radius, lalu klik ok.pastikan
Viewport :camera01.klik tombol render.

beginilah hasilnya..haha..

Kamis, April 14, 2011

14 april 2011, pertemuan 3

  • pilih objek dinding
    tekan m pada keyboard
    pilih sample material pertama
    klik tombol standar
    pilih radio mtl library
    dari daftar list pilih material concrete blue stucco lalu
    klik ok.
    pilih icon assign material to selection.
    kecilkan jendela material editor.
    render pada tampilan perspective preview.
    ulangi untuk lantai dengan material wood pada box material kedua, dan label nama pada box material ketiga

    tutup material editor

    aktifkan perspective viewport
    tekan c untuk menggantinya menjadi camera viewport

    beralih ke top viewport
    pilih target camera dan letakkan di tengah ruang. perhatikan pergerakan kamera01 viewport

    kembali pada top viewport pilih camera dan geser menjauh sehingga seluruh ruang tampak pada kamera01 viewport

    pada left atau front viewport atur ketinggian dari camera, hingga seluruh ruang tampil pada camera01 viewport.

    lakukan pembesaran zoom extents pada top viewport. tekan tombol animate. geser roll dari 0/100 ke 50/100 pada top viewport pilih camera dan geser ke sebelah kanan. non aktifkan tombol animate.

    pilih icon zoom extents all.jalankan tombol play dan perhatikan pergerakan setiap viewport.

    pilih camera pada salah satu viewport.
    geser roll ke posisi 0/100. tekan shift +ctrl dan klik drag keyframe pada 0/100 untuk menduplikatnya key 80/100
    coba jalankan tombol play, dan perhatikan jika animasi camera bergerak dan kembali ke posisi awal.



tampilan jendela view


  • pilih menu rendering>render

    pada jendela render scene pilih active time segment 0 to 100 atau isi range dari 0 to 100 untuk time output.

    untuk output size pilih 640x480 atau ketik pada width 640 dan height 480

    klik tombol files pada render output.
tampilan setelah di render

  • tentukan folder menyimpanan dan beri nama masing-masing. pastikan format penyimpanan dalam *.avi
    lalu klik save.
    apda jendela video compression,biarkan settingan default cinepak codec by radius, lalu klik ok
    pastikan pada bagian viewport adalah kamera01,lalu klik tombol render.


tampilan *.avi

 setelah merender, tutup jendela render dan render scene. pilih menu file>save as simpan dalam *.max

14 april 2011, pertemuan 3

  • buka aplikasi autocad
  • klik ikon layer properties manager
  • klik tombol new
  • ketik nama layer, misalnya as
  • klik kotak color
  • klik warna,misalnya kuning
  • klik ok
  • klik ok untuk menutup layer properties manager

  • menggambar pagar bumi
  • pastikan layer pada "as"
  • klik ikon rectangle
  • klik kiri pada area gambar
  • ketik @16,25 lalu enter

  • menggambar ruang
  • klik icon rectangle
  • klik kiri ikon snap from
  • klik kiri ke ujung kanan pagar bumi
  • ketik @-2,4,5 lalu enter
  • ketik @-4,4 lalu enter

  • klik icon rectangle dan klik sebelah kanan atas ruang sebelumnya
  • ketik @-3,2 lalu enter

  • klik icon line
  • klik kiri pda ujung atas garis penghubung
  • ketik @0,1.5
  • buat rectangle
  • ketik @-4,4.5 lalu enter

  • klik icon rectangle klik pada ujung atas ruang tidur
  • ketik @-3,3 lalu enter

  • klik icon line
  • klik kiri icon snap to mid point
  • klik pada tengah dinding ruang 4
  • ketik @-4.5,0, enter
  • klik icon rectangle
  • klik kiri pada ujung garis
  • ketik @-2,2.5, enter
  • klik rectangle, klik kiri di bagian kiri bawah ruang sebelumnya
  • ketik @-2.5,2.5, enter
  • klik icon line
  • klik kiri pada ujung kiri ruang 5
  • ketik @0,-4, enter
  • ketik @4,0, enter
  • ketik @0,-9, enter
  • ketik @4.5,0, enter

yah..kira2 beginilah jadinya...hoho...

Kamis, April 07, 2011

Tugas 2

Buka aplikasi 3D.

Buka pekerjaan yang terakhir dikerjakan.

Aktifkan Main Toolbar pilih icon Move & Selection, pilih lantai.

Pada Panel pilih tab Mofidyers.
Roll Up hingga Parameter Panels.
Atur nilai Length 250 dan Width 500 serta Height -10.

Kembali ke Main toolbar.
Pilih icon Select and Uniform Scale.
Pilih text pada Front Viewport lalu drag hingga text membesar dengan proporsional.

Berpindah ke tab Objects.
Pilih icon L Ext, lalu buat pada Top Viewport sebuah L Ext.
Klik drag dari kanan atas top viewport lalu drag ke arah diagonal kiri bawah, lalu lepaskan tombol mouse dan geser ke atas untuk ketinggian dinding, geser lagi sedikit untuk membentuk ketebalan dinding dan klik untuk mengakhiri pembuatan dinding.

Beralih ke tab Main Toolbar.
Pilih icon Select and Move, lalu aktifkan panel Modifiers, roll up hingga Parameters dan atur side Length -250, front length -500, side width 10, front width 10, height 250.

Gunakan Select and move untuk menserasikan lantai dan dinding.
Lalu gunakan select and move untuk memindahkan nama ke dinding.



gunakan select dan move untuk menyesuaikan lampu omni dan spotlight

hasilnya kira-kira seperti ini...

Rabu, April 06, 2011

dont give up beb.

sejak kapan, ketakutan akan kematian semakin mengejar langkahku.
takut bahwa aku tidak sempat menggapai masa depan
takut tak sempat menjadi saksi diri, bahwa aku bisa membahagiakan orang tuaku
takut bahwa bahwa saat aku pergi, aku hanya memberikan kesedihan
takut bahwa aku pergi dengan diantar oleh keputus asaan.

aku berusaha untuk tidak menampakkan takut ini pada orang lain.
tapi, aku lebih memilih untuk kabur.
memilih untuk meninggalkan semua cita-citaku dan kesenanganku.
hanya demi rasa putus asa itu.

aku kemudian mencoba bangkit dengan jiwa yang lemah.
mencoba tersenyum, seakan itu yang terakhir kalinya.
mencoba bertahan menggapai cita-cita, meski tak ada jaminan aku sempat merasakan hasilnya.

hingga malam ini, setelah lama kutahan, air mata itu kemudian jatuh.
keputus asaan semakin merajalela.
jiwa yang lemah semakin lemah.
mulutku pun berujar 'aku tidak sanggup mati sekarang Tuhan.'
kubiarkan semua itu tertumpah, agar semua sesal hilang

kini, satu hal yang ku taw, bahwa aku harus berbuat dengan tekad, aku akan hidup selamanya

Sabtu, April 02, 2011

'buku' itu mempesonaku berulang kali.

baru saja aku menyelesaikan 1 bab dari 'buku' ini.
jika saja bisa ku katakan, ini sebuah 'buku lengkap'..
isinya bahkan melebihi dari apa yang sudah diketahui oleh bangsaku kebanyakan...

sebuah 'novel based on real story', adapun terdapat di dalamnya.
sarat kata-kata bermakna, yang kadang untuk membacanya, aku harus berulang kali pada kalimat yang sama.
sebuah 'novel based on real story' dengan kata-kata tersusun indah, bagai tak ada manusia yang dapat mengalirkan syair-syair seindahnya..
setiap jiwa yang bersih, serentak airmatanya akan mengucur saat 'dibacakan' kata-kata dari 'buku' ini.

sebuah 'novel based on real story', yang terbaik, tanpa mesti di labeli oleh kata-kata "best seller".
sebuah 'novel based on real story', yang telah tercetak bermilyar-milyar kali melebihi buku terbaik sepanjang masa yang dikarang oleh bangsaku sekalipun.
satu-satunya 'novel based on real story' yang dimiliki oleh sebagian besar penduduk bumi, dibaca setiap hari oleh sebagian besar penduduk bumi...
tidak pernah novel terbaik sepanjang masa, -kata bangsaku-, dibaca setiap hari...
berulang-ulang, bahkan hati pembacanya akan merasa mulia setiap kali menyelesaikannya...
tidak pernah tercermin kata bosan tiap kali membacanya.
sungguh tak dapat dikatakan dengan kata-kata sekalipun,
betapa aku terpesona lagi oleh 'buku' ini..

nb: bersyukur malam ini bisa tidur cepat, sehingganya pagiku terisi dengan kalimat-kalimat indah, menaungi perbuatanku lebih ke arah waras..