Kamis, April 21, 2011

21 April 2011,Pertemuan 4

·         Buka aplikasi 3d’ MAX
·         Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan
·         Pilih Menu file > new.
Pada jendela new scene pilih Keep Object
And Hierarchy. Lalu klik OK
·         Pastikan animasi yang dibuat telah
Dibuang dengan mencoba menjalankan
Tombol play
·         Klik objects tap pada tab panel
·         Klik icon sphere
·         Ditengah-tengah perspective viewport
Buat bola dengan menekan tombol kiri
Mouse kebawah lalu drag menjauhi titik awal.
Pada Create panel > parameters Roll out
Ganti radius=50 lalu enter
·         Gunakan move and selection dan pindahkan
Bola pada top  dan front viewport untuk
Memindahkan bola tepat ditengah ruang dan atas
Lantai.
·         Pada create panel > roll out Name and Colour
Klik kotak kecil berwarna disebelah nama objek sphere01
Pilih warna orange lalu klik OK.
·         Ganti nama sphere01 menjadi orange
Dan tekan enter.
·         Klik kanan pada table left viewport
Pilih menu Views > Extend > Asset Manager
(cari folder  network p multimedia/adil)
Cari file orangetex.jpeg
·         Klik dan drag orangetex.jpeg ke object  bola
Lalu lepas tombol mouse
·         Pada panel modify > rollout parameters
Ganti segment =50
·         Klik kanan pada perspective viewport, dari menu
Rendering pilih render.
Dalamkotak dialog rendering pilih render
·         Tutup jendela renderinig
·         Pada main toolbar, klik material editor atau
Tekan M pada keyboard
·         Pilih sampel material pertama atau sampel
 material yang masih kosong.(contoh
pada sampel kedua dengan nama material
#2)
·         Klik tombol pick material from object ("eyedropper”)
Disebelah nama material. Pindmahkan kursor
Dari material editor ke perspective viewport
Tepat diatas buah jeruk lalu klik
·         Ganti nama material menjadi orange peel
Lalu tekan enter
·         Klik roll out blinn basic.
Parameters untuk menutupnya, dan klik
Roll out maps untuk membukanya
·         Pada roll out maps, seret/drag diffuse map
(orangetex.jpeg) ke bump channel, dan
Lepaskan tombol mouse.
·         Klik instance lalu OK.
Tentukan pada kotak masukan
Channel amount bump= -100
·         Coba render hasil pekerjaan material.
·         Perkecil material editor.
Kembalikan viewport asset manajer menjadi
Left  viewport.
·         Rubah viewport perspective menjadi
Camera viewport
·         Atur camera pada top dan front viewport
Sehingga tampilan camera01 mrnjadi 1
Tampilan untuh buah jeruk.
·         Aktifkan tombol animate.
Pindahkan track rolldari 0/100 ke 50/100
Pada top/front viewport gerakkan kamera
Menjauh dari objek jeruk hingga terlihat
Label nama di dinding
·         Non aktifkan tombol animate.
Tekan Ctrl + Shift dan klik drag track
Abu abu pada 0/100 ke 80/100
Yang berubah menjadi track putih.
·         Coba jalankan tombol play.
·         Jika animasi telah sesuai klik menu rendering > render
Atur time output pada active time segment
0 to 100  atau rang 0 to 100
·         Atur output size menjadi 640x480 klik tombol files
Beri nama masing masing dan pastikan
Penyimpanan dalam *.avi/
Tekan save. Pada jendela video compression
Biarkan settingan yang ada pada cinepak
Codec by radius, lalu klik ok.pastikan
Viewport :camera01.klik tombol render.

beginilah hasilnya..haha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar