Sabtu, Mei 14, 2011

12 mei 2011,prak renderasi

Buka aplikasi 3d’Max..
Buka perkerjaan yang terakhir dikerjakan.
Pilih buah apel di dalam camera viewport.
Ctrl + klik kanan pada buah apel.
Pilih Isolate tool.
Pada Tab Obejct, klik cylinder
Beralih ke panel modify > roll out object type
Aktifkan Autogrid
Di dalam Top viewport, geser
Kursor ke atas buah apel.
Geser keluar cylinder pada bagian atas buah apel
Ganti warna cylinder menjadi hijau lalu
beri nama = stem.
Pada roll out parameter untuk cylinder,
Tentukan nilai radius=1, height=24
Height segments=12

pada rollout objek type, matikan auto grid

tb modifier klik bend
pada rollout parameter sesuaikan sudut tekuk pada tangkai apel, plus atau minus 90

pada kotak dialog isolated klik exit isolated

pilih menu file>save as
pilih menu file>reset pilih yes

klik menu file>open
cari file still_life0.max
klik open

klik menu file>merge(cari file tangkai apel yang baru dikerjakan
klik open
klik tombol all,lalu ok
rubah tampilan perspective viewport menjadi camera01 viewport


tekan m pada keyboard klik kanan pada sampel material dan pilih 5x3 sample windows

seret dan drag sample material bernama shiny aplle ke object apple

cek rendering>render
pilih pada viewport camera01 dan pilih tombol render

tutup jendela sampel frame

jalankan animasi yang pernah dibuat sebelumnya dengan menekan tombol play

klik drag track ball pada 50/160 ke 100/160 dan pindahkan track 80/160 ke 140/160

lakukan rendering pilih menu rendering>render

pilih time output pada active time segment 0 to 160 atau range 0 to 100

pilih output size 640x480
klik tombol files.simpan dengan nama masing2.

pada jendela video compression biarkan compresor pada setingan default (cinepack codec by radius)lalu ok

pastikan viewport camera01 lalu tekan tombol render.

setelah selesai hilangkan animasi yang ada untuk membuat animasi baru

pilih menu file>new pilih no
tandai keep object and hierarchy
gerakan rool track animasi untuk memastikan animasi sebelumnya telah dibuang

pindahkan roll track animasi pada 0/160.
klik icon time configuration rubah nilai length atau end time menjadi 90 klik ok.

roll track animasi pada saat ini pada posisi 0/90
buat tampilan camera01 menjadi 1 ruang dimana terlihat buah jeruk apel dan tangkainya serta billboard nama

pindahkan buah jeruk dan apple pada posisi terbaik
tekan H pada keyboard
pilih apple dan tekan shift untuk memilih stem.
tekan select dan pindahkan dengan move

jika tampilan telah sesuai, tekan tombol animate
geser roll track animasi ke 40/90 pilih buah jeruk, klik kanan pada buah jeruk lalu pilih rotate.
putar buah jeruk secukupnya berlawanan dengan arah jarum jam.

nonaktifkan tombol animate,coba jalankan animasi


tekan ctrl+shift dan pilih bola abu2 di awal track dan geser ke 70/90
ulangi langkah ii untuk objek buah jeruk juga

pilih menu rednering>render
tandai active time segment 0 to 90 pilih 640x480 klik tombol file, simpan dalam .avi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar