Kamis, Mei 26, 2011

Prak Renderasi, 26 mei 2011

renderasi 26 mei 2011

buka pekerjaan terakhir
pilih file>reset
pilih yes

buat kotak dalam viewport top

putar viewport perspective denga cara tekan alt dan tombol tengah mouse atau dengan cara memutar viewport menggunakan tombol arc rotate dalam viewport navigation controls.

perbesar dan perkecil gambar menggunakan tombol zoom atau tekan ctrl+alt dan tombol tengah mouse

dari customize menu, pilih units setup

pilih us standard lalu klik ok.

pilih modify panel

ganti ukuran meja menjadi panjang 9 feet,lebar 5 feet tebal 0.2 feet

pada rollout name and color ganti nama object menjadimeja pingpong

tekan g untuk menyembunyikan grid

tekan m untuk mebuka material editor

pada material editor,ganti nama material pertama in the top row meja pingpong

seret/drag  material editor ke meja

meja pingpong biasanya berwarna hijau dengan strip putih.tambahkan texture map ke dalam diffuse channel utnutk membuat meja menjadi meja pingpong real.

klik kotak2 abu2
disisi label diffuse

pada material/map browser klik bitmap lalu ok.

pada kotak dialog cari folder cari file pooltop.jpg.pilih open


bitmap image ditampilkan pada sample sphere dala material editor,klik show map in viewport

sesuaikan tiling pada material editor dengan cara mengklik tanda panah spinner,tentukan nilai U dan v sehingga memenuhi meja pingpong

jika menjalankan software z buffer,perlu mengaktifkan texture correction, jika texture tampak distorsi, lakukan hal di bawah ini.

klik kanan pada label perspective viewport, lalu pilih texture correction

tutup material editor

pada object tab klik tombol sphere

klik panel create, tombol sphere berubah menjadi hijau

dalam panel/create, aktifkan autogrid

autogrid membantu membuat sphere langsung diatas meja pingpong

di bagian bawah rollout parameters,aktifkan base to pivot

pindahkan kursor ke atas meja muncul icon menampilkan point untuk bola

seret/drag bola ke atas meja

pada rollout sphere parameters, ganti radius bola = 0.4" dan segment = 18"

ganti warna object bola pingpong dengan warna yang sesuai

dan ganti label nama sphere01 menjadi bola pingpong

pada object tab, klik tombol box.

pada perspective viewport, buat box dengan ukuran kira2 tinggi = 6 inch teval = 2 inch dan panjang = 5 feet

matikan autogrid.posisikan box di tengah dan diatas meja

klik arc rotate, lalu putar view untuk mencari posisi yang terbaik

pilih box01, pada panel modify, ganti nama menjadi net

tekan f3 utnuk mengaktifkan wireframe mode

ganti segment widht = 30 segment height = 4 dan segment length = 1

tekan f3 untuk mengembalikan perspective viewport menjadi shade mode

tekan m untuk membuka material editor

pilih blank material dan beri anam net

pada rollout shader aktifkan wire

klik assig material to selection

klik color swatch disebelah diffuse, lalu pilih warna dalam color selector untuk mengganti warna net sesuai dengan keinginan.


coba tambahkan nilai self-illumination, pada self illumnitaion klik label color. muncul kotak masukkan numerical text

klik label color untuk menampilkan kotak masukan nunmerical text

ganti nilai self-ilumination =10

simpan sebagai file nama masing2 dan pastikan formatnya *.max





Tidak ada komentar:

Posting Komentar