· Buka aplikasi 3d’ MAX
· Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan
· Pilih Menu file > new.
Pada jendela new scene pilih Keep Object
And Hierarchy. Lalu klik OK
· Pastikan animasi yang dibuat telah
Dibuang dengan mencoba menjalankan
Tombol play
· Klik objects tap pada tab panel
· Klik icon sphere
· Ditengah-tengah perspective viewport
Buat bola dengan menekan tombol kiri
Mouse kebawah lalu drag menjauhi titik awal.
Pada Create panel > parameters Roll out
Ganti radius=50 lalu enter
· Gunakan move and selection dan pindahkan
Bola pada top dan front viewport untuk
Memindahkan bola tepat ditengah ruang dan atas
Lantai.
· Pada create panel > roll out Name and Colour
Klik kotak kecil berwarna disebelah nama objek sphere01
Pilih warna orange lalu klik OK.
· Ganti nama sphere01 menjadi orange
Dan tekan enter.
· Klik kanan pada table left viewport
Pilih menu Views > Extend > Asset Manager
(cari folder network p multimedia/adil)
Cari file orangetex.jpeg
· Klik dan drag orangetex.jpeg ke object bola
Lalu lepas tombol mouse
· Pada panel modify > rollout parameters
Ganti segment =50
· Klik kanan pada perspective viewport, dari menu
Rendering pilih render.
Dalamkotak dialog rendering pilih render
· Tutup jendela renderinig
· Pada main toolbar, klik material editor atau
Tekan M pada keyboard
· Pilih sampel material pertama atau sampel
material yang masih kosong.(contoh
pada sampel kedua dengan nama material
#2)
· Klik tombol pick material from object ("eyedropper”)
Disebelah nama material. Pindmahkan kursor
Dari material editor ke perspective viewport
Tepat diatas buah jeruk lalu klik
· Ganti nama material menjadi orange peel
Lalu tekan enter
· Klik roll out blinn basic.
Parameters untuk menutupnya, dan klik
Roll out maps untuk membukanya
· Pada roll out maps, seret/drag diffuse map
(orangetex.jpeg) ke bump channel, dan
Lepaskan tombol mouse.
· Klik instance lalu OK.
Tentukan pada kotak masukan
Channel amount bump= -100
· Coba render hasil pekerjaan material.
· Perkecil material editor.
Kembalikan viewport asset manajer menjadi
Left viewport.
· Rubah viewport perspective menjadi
Camera viewport
· Atur camera pada top dan front viewport
Sehingga tampilan camera01 mrnjadi 1
Tampilan untuh buah jeruk.
· Aktifkan tombol animate.
Pindahkan track rolldari 0/100 ke 50/100
Pada top/front viewport gerakkan kamera
Menjauh dari objek jeruk hingga terlihat
Label nama di dinding
· Non aktifkan tombol animate.
Tekan Ctrl + Shift dan klik drag track
Abu abu pada 0/100 ke 80/100
Yang berubah menjadi track putih.
· Coba jalankan tombol play.
· Jika animasi telah sesuai klik menu rendering > render
Atur time output pada active time segment
0 to 100 atau rang 0 to 100
· Atur output size menjadi 640x480 klik tombol files
Beri nama masing masing dan pastikan
Penyimpanan dalam *.avi/
Tekan save. Pada jendela video compression
Biarkan settingan yang ada pada cinepak
Codec by radius, lalu klik ok.pastikan
Viewport :camera01.klik tombol render.
beginilah hasilnya..haha..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar