Minggu, Januari 09, 2011

1 dan 2 penyakit orang.

perbedaan yang berarti saat melihat seseorang yang besar di kota kenal kampung dan tahu akan adatnya, dengan seseorang yang besar di kota, rajin pulang kampung, tapi g taw adat.

rasa saling menghargai dan mengerti posisi dimana dan dengan siapa mereka sedang berhadapan pun akan tergoyahkan olah fikiran mereka sendiri yang dihinggapi pemikiran bahwa saya-orang-yang-lebih-penting-dari-pada-kamu, dan fikiran yang tak kalah hebatnya bahwa saya-orang-yang lebih-hebat-daripada-kamu.

di kampung saya sendiri menganal ada 3 macam cara berbicara dengan sesama manusia.
dengan orang yang lebih tua ada aturannya, dengan orang sebaya ada ada aturannya, dengan anak yang lebih muda usianya pun ada aturannya.

tapi bagi kebanyakan masyarakat saya sendiri yang telah bertahun2 dan beranak pinak hidup di kita besar, kadang hal ini tidak diindahkan. hal ini tentu saja dalam tanda kutip, bagi orang2 yang dalam fikirannya terdapat 2 macam penyakit yang telah saya sebutkan di atas.

miris ketika melihat secara langsung hal ini. lebih yakin lagi dengan kemirisan saya, saat ayah saya yang sangat pendiam pun berkata," wajar dia begitu, orang besarnya di kota dan g pernah diajarkan adat sopan dan santun..."

ntah saya yang salah karena terlalu emosi dengan hal ini, ataukah memang benar keadaan lah yang sudah seperti ini??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar