Kamis, Oktober 04, 2012

* Unimportant Confession *

Satu lagi kisah yang belum bisa gw relain berakhir begitu aja. Tentang dia..
Ah enak banget denger Leesang blues pas inget dia. Mengantar ingatan ke masa lalu, balada lembut seakan dia meminta untuk memanggil masa itu.Dia yang dulu pas zaman smp selalu gw deklarasiin sebagai abang gw. Jawaban yang selalu gw kasih ke anak-anak kalo gw udah aktraktif bertingkah dengan hal tentang dia.
Kalo dipikir-pikir,waktu itu gw sendiri ga sadar sama perasaan gw ke dia. Hanya tertarik mengganggu dia,karena dia dengan dewasanya menanggapi santai. Kadang bersikap melindungi dan menjadi kakak dengan cool-nya.
Gw sekarang tersenyum-senyum sendiri,ingat kenakalan gw.
Untuk gw yang sekarang bersikap menjaga jarak dengan kaum adam, ingatan itu semacam kenangan manis buat gw.
Ingat telinganya yang memerah,dengan pandangan menunduk kikuk ke meja tulisnya, di depan gw. Tepat di depan gw.
Tunggu gw sedikit lupa,apa yang waktu itu gw lakuin sampe reaksi dia jadi begitu.
Ah ya, dia si pintar matematika, si kacamata gw, saingan gw...
Gw meminta dia ngajarin gw matematika, karena waktu itu gw  dan dia menjadi finalis untuk olimpiade utusan dari sekolah gw.
Gw si bodoh yang punya optimistis gede, yang udah baca beberapa buku pembahasan matematika, ngerasa perlu minta dia buat ngajarin gw. Dia si jenius gw, si anak guru, yang hanya perlu sedikit waktu untuk membahas soal-soal yang gw anggap aneh.
"ajarin ade.." gw bilang waktu itu tepat di depan meja dia. posisi meja dia yang tepat di depan meja guru, di tengah-tengah keributan temen-temen ngobrol.
"hah?" jawab dia masih dengan terpekur.
"kan kamu pinter, ajarin ade kalo gitu. Ini..yang ini..." gw julurkan buku yang sudah dicoret disana-sini.
"ga mau, ade pinter...selesaikan sendiri.masa gitu aja ga bisa..."
Kenapa dia ga mengangkat mukanya juga? Ayolah, masa sombong sekali anak ini?
"karena ade ga bisa makanya minta diajarin sama kamu...ya,ya..."
dia menggeleng, masih dengan pandangan ke bukunya.
Apa sih yang dia baca sampe gw dicuekin segininya?
"kenapa?" gw mendesak seperti sikap gw yang biasa.
Dia diam,  gw mulai menyerah. Gw tegakkan bahu dari bersandar di mejanya.
Gw hela nafas, tapi tunggu! Kenapa, kenapa telinga anak ini memerah?
"sejak kapan telingamu memerah gitu? Sakit kah?" gw sentuh ujung telinganya.
Badannya menegang. Ditepisnya tangan gw. Ga mengatakan apapun, hanya terdiam masih belum mengangkat wajahnya.
Ini anak kenapa? Apa di wajahnya ada panu yang gede? Tanya gw sambil meninggalkan mejanya, kembali ke meja gw.

Kali ini gw kembali ke masa gw lebih kecil lagi. Tepatnya pas kelas 6. Gw kembali berpasangan kompetisi dengan si kacamata gw. Waktu itu awal gw menyadari bakat musik dalam diri gw. Awal gw mulai menyukai musik.
Wali kelas memaksa gw untuk mendampingi si kacamata dalam lomba pianika antar sd. Alat macam apalah itu. Gw bahkan belum pernah memainkan alat itu sebelumnya. Berbekal nekat, gw belajar sendiri mencari not nadanya. Ini gara-gara kakak gw salah beli buku panduan nyanyi. Tugas lagu gw berjudul "di atas pohon cemara" dan "minagkabau", tapi kakak gw malah beli buku lagu-lagu nasional. lagu minangkabau ga ada masalah, gw udah sering dengar mami gw melantun sendiri, tapi di atas pohon cemara ini, ah kenapa gw ga pernah dengar lagu ini sebelumnya? Gw akhirnya minta temen gw untuk menyanyikan lagu itu sampe gw hafal iramanya. Di rumah gw mulai latihan pencet sana,pencet sini sampe ketemu nada yang pas sesuai dengan lagu tersebut.
Akhirnya hari sabtu datang. Tanpa tau nada yang tepat untuk lagu tersebut, gw dan dia siap untuk berlomba.
Yang pertama memulai adalah dari regu sekolah lain. Gw menyimak lagunya, ah! Ada beberapa irama gw yang berbeda! Apa boleh buat. Ga ada waktu lagi mengubahnya, gw tetep maju dengan nada gw. Yah, setidaknya waktu gw latihan kemaren masih nyaman kedengaran.
Pas giliran gw. Lagu pertama aman. Sekarang nervous gw makin meningkat. Setengah pede gw mainkan nada gw. Pas di irama yang berbeda itulah gw mulai ragu. Tuts yang mana lagi ya yang harus gw tekan? Gw ulang lagi dari awal irama tersebut.
"iramanya begini..." bisik si jenius gw dari samping.
Gw melirik serba salah ke arah perwakilan sekolah lain, ke juri, ke guru gw, tapi ga berani melirik dia.
Akhirnya nada itu selesai di tangan gw dengan kacau balau. Gw tertunduk setelahnya. Giliran si kacamata gw sekarang.
Sial, dia memainkan dengan lancar. Di beberapa not, dia memang terengah-engah.tapi sejauh ini lancar menurut gw.
Semua berakhir, kami mulai membereskan peralatan dan bersiap untuk pulang, pengumuman pemenang seminggu lagi.
Gw sengaja membereskan pianika gw dengan lambat, ga berselera untuk ketemu guru gw setelah kegagalan gw.
"kenapa kemaren ga ke rumah aja belajarnya de?"
Gw menoleh, bersitatap dengan si jenius gw. Teman bicaranya saat ini adalah gw.
"nggg... Ga enak, pasti kamu juga lagi belajar kan?" gw memandang ga enak hati ke arahnya. Setelah bantuannya tadi, gw semakin merasa kecewa sama diri sendiri. Taw gini kemaren gw iyain aja pas mami nyuruh ke rumah anak sahabatnya itu.
"besok-besok, kalo ada yang ga ngerti, tanyain aja. Oke?"
Dia melangkah keluar, gw mengekor dari belakang.
Tepat di depan kelas, guru gw berjalan menghampiri kami.
"gimana rasanya anak-anak? Ga perduli siapa yang menang, kita ambil ini sebagai pengalaman bagi kalian untuk berkompetisi. Gimana? Mau langsung pulang sama ibu?"
Gw tertunduk.
"ade, mau pulang bareng ibu?"
"kalo ga mau, bilang sama ibu nanti pulangnya bareng aku" bisiknya di belakang gw. Gw rasa saking dekatnya jarak, hanya gw yang mendengar itu.
"nanti bu, ade pulang nanti..." kata gw lirih sambil takut-takut memandang wajah guru olahraga gw itu. Beliau mengangguk paham dan meninggalkan gw dan dia.
"nanti kita balik ke sekolah lagi emangnya?"
Si kacamata gw ga menjawab, hanya melenggang meninggalkan gw menuju perlombaan lainnya.

Ini cerita saat gw dan dia udah mulai gede. Udah berpisah selama 4 tahun, karena keputusan gw untuk mengikuti jejak almh mami, berpetualang di pesantren, gw meninggalkan dia, temen-temen gw dan kisah kami.
Dia udah kuliah setahun lebih dulu dari gw. Sama-sama merantau dengan kota yang menjaraki.
Kalo lagi suntuk, gw sering main ke kota dia, mengunjungi sahabat gw yang juga menuntut ilnu disana. Kunjungan pertama, gw beranikan mengajak si jenius gw ketemuan. Alasannya pengen lihat kampus hutan itu. Pagi itu, bareng sahabat-sahabat gw, belum mandi apalagi ganti baju, kita lari pagi kesana. Dia janji nungguin gw di depan kampusnya.
Dan gw akhirnya ketemu dia lagi, yang berdiri rapi dengan baju garis-garis menyandang tas punggungnya, dengan sepatu kets rapi. Gw, pagi itu jam setengah 7, dengan tampang baru bangun tidur ditarik lari pagi, berdiri disana memandang dia, menahan tawa menyapa.
Lihatlah dia disana, si kacamata gw, menunduk salah tingkah begitu dia tau gw yang melambaikan tangan. Perkenalan dia dan sahabat-sahabat gw berjalan canggung dengan godaan mereka saat melepas kami pergi. Gw kasian liat tampang dia yang menyembunyikan malu di balik senyumnya, memutuskan untuk meninggalkan temen-temen usil gw, dan bersamanya mengelilingi kampus hutan itu. Disana awal gw kembali bertemu dia, gw mengerti dengan hati.
Esoknya, gw janjian lagi ketemu dia. Kemaren sahabat-sahabat gw ga ngelepasin gw untuk jalan bukan dengan mereka, its time to the girls! Sahut mereka,yang gw anggukkan dengan setengah hati.
Kali ini gw yang nunggu dia di depan asrama temen gw. Dia datang setengah jam setelah itu. Gw kali ini 3x lebih grogi dari kemaren. Ada yang mendesak ingin ketemu dia lagi. Dia yang bernama hati lebih pengen ketemu si kacamata dibanding gw.
Gw mengajak dia mengelilingi mall kampusnya yang berada di tengah kota itu.
Tunggu..ini playlist random kenapa muterin lagunya dari i need a girlnya taeyang, this is minenya wondergirls, love is only you nya AOA sampe you're the answer for me nya Leessang. Apaaaa coba? Bikin makin melankolis gw!
Balik lagi ke cerita gw tadi. Sepanjang jalan banyak hal yang kita obrolin, tepatnya yang gw obrolin. Kenapa ini anak ga memulai pembicaraan duluan? Bahas topik apa gitu, biar gw jangan malu ketauan bawelnya!
"di mall itu lagi ada acara jurusan, bakal banyak ketemu temen-temen aku de.ga papa kan?"
Gw mengangguk bingung. Terus kalo ketemu temen kampus dia emangnya kenapa?
Sepanjang jalan gw dibelakang dan si kacamata gw di depan. Kita cuma diam-diaman, lagian bingung gw, maw angkat apa lagi buat diobrolin coba?
Keliatan banget dia ngayomin gw. Pas nyebrang dia ngulurin tangan yang bersambut udara. Gw canggung cepat meraih tasnya yang di punggung. Kita jalan bersisian sekarang.
Baru saja memasuki lobby mall itu, gw baru sadar si kacamata masuk dengan wajah tertunduk, melangkah tergesa tanpa menghiraukan gw yang ketinggalan di belakangnya.
"hei yang dibawah sana!! Ayo lo bareng siapa tuh!" sebuah pekikan terdengar dari atas, entah untuk siapa tujuannya. Gw iseng mengangkat kepala. Mereka, beberapa orang cowok dan cewek sebaya gw, sedang tertawa-tawa tepat di lantai atas menunjuk ke suatu arah di depan gw. Gw lihat si jenius gw yang menjadi bahan tertawaan mereka. Sementara yang bersangkutan melambai-lambai jengah ke arah mereka.
"ayo de! Ga usah peduliin mereka..." dia menoleh ke gw. Mau ga mau gw ikuti langkahnya berjalan meninggalkan keramaian tersebut.
"temen-temennya? Rame banget, ada acara apa?"
Dia melirik sekilas ke arah gw. "acara yang tadi aq bilang, diadain sama anak kampus disini..."
Gw mengangguk-angguk. Keren banget ya, acara jurusan aja ngadainnya di mall. Ckck...
"mau lihat-lihat apa nih de?" gw perhatiin sekeliling, suasana ga jauh beda sama mall mewah deket kampus gw. Barang-barang mahal yang gw gtw kapan bisa rela belinya. Gw menggeleng. Ga ada yang menarik sebenarnya.
"kita ke supermarket bentar kalo gitu."
Jadilah gw hari itu nemenin si kacamata muter-muter nyari pengharum ruangan. Ga penting sebenarnya, tapi gw menikmati.
Hari idul adha kedua gw sendirian di rantau. Gw udah berada di kota ini bersama sahabat-sahabat gw sejak 2 hari yang lalu. Hari ini gw dan anak-anak cuma berdiam diri di kontrakan temen gw karna hujan turun tiba-tiba siang ini. Rencana gw untuk nonton di bioskop bareng mereka batal sudah. Iseng gw raih hp.
Lebaran dimana tahun ini?
Message sent.
Pesan itu terkirim ke seberang sana. Gw pelototin itu hp selama beberapa menit, tapi ga ada balasan dari si kacamata. Bosan, gw letakkan lagi itu hp, beranjak menuju anak-anak yang lagi nonton tv. Baru berapa langkah gw tinggalin, hp gw berdering.
Message received
Di sini aja sama anak kosan. Hehe. Ade lebaran dimana?
Sambil senyum-senyum ditahan gw baca pesannya. Beberapa pesan yang gw kirim setelahnya juga sukses dibalas. Sekian lama ga taw maw obrolin apa lagi, gw ingat sesuatu. Gw gerakkan langkah ke depan tv.
"eh,besok kalian udah mulai ke kampus ya?" temen-temen gw mengangguk kesal. Keberatan karena gw menghalangi pandangan mereka dari layar tv.
"gw pulang lusa gapapa ya?" gw kerjap-kerjap mata membujuk izin mereka. Kemudian gw duduk menyelinap di tengah-tengah.
"boleh, tapi sendirian di rumah gapapa?"
Gw jawab dengan lambaian tangan pertanda mereka jangan khawatir soal itu.

Besok paginya gw udah berdiri rapi di seberang kontrakan temen gw. Gw berangkat bareng sama mereka yang menuju kampus. Sebenarnya ini masih dalam liburan lebaran, tapi berhubung mereka jadi panitia acara di kampus, dengan senang hati gw menerima alasan mereka meninggalkan gw.
Yap! Hari ini si kacamata gw janji nemenin gw. Alasan gw sih karena gw bengong sendirian di rumah sampe sore. Si kacamata pun berbaik hati ngebawa gw jalan-jalan lagi.
Tapi... Ini udah setengah jam semenjak waktu janjian ketemu lewat. Setengah jam lagi dia ga datang, gw bakal balik lagi ke kontrakan. Satu alasan karena janjiannya bakal gw batalin, alasan lainnya karna gw... Laper.
Ga lama setelah gw bolak-balik ngedumel sendirian, duduk cemberut sambil liat jam sesekali, satu angkot perlahan berhenti di depan gw. Dia, turun dengan jumawanya, sekilas tersenyum ke gw sambil kemudian sibuk menerima kembalian.
Ampuuun, ga ada kata maaf udah bikin gw nunggu apa?omel gw dalam hati. Dalam hati doang beraninya, nyatanya di depan dia senyum manis yang gw pamerin.
"jauh bener ya kosannya?" Kick! Bener-bener gw ga bisa nahan kesal barang sebentar aja. Senyum dia berubah jadi senyum ga enak hati. Lupakan! Hari ini gw mau semuanya lancar! Lirih gw berucap doa penenang hati.

Dia mengajak gw ke venue yang sama lagi. Mall kampusnya.
"emangnya kemaren mau nonton bareng film apa sama temen-temennya de?"
Gw saat itu sedang termangu menatap poster Twilight di depan 21. Aduh! Ga ada film  lain nih? Gw lirik poster-poster lain yang berderetan, ga ada pilihan aman untuk gw. Nonton Twilight bareng cowok? Bareng bapake aja gw malu apalagi bareng dia!
"Emak ingin naik haji! Iyah, itu kemaren yang pengen kita nonton. Tapi kayanya disini ga ada ya? Apa kita cari tempat lain aja?" cerocos gw canggung. Dia mengangguk setuju dengan pilihan gw.
Siang beranjak menjadi sore. Si kacamata memutuskan agar kita segera pulang. Di angkot kosong itu gw duduk sendirian di belakang. Kenapa? Ini bukan taksi yang kendaraan umum untuk pribadi, tapi angkutan umum, yang siapa saja bisa duduk dalam jumlah banyak dibelakang sini. Tapi kenapa dia malah duduk di samping supir dan gw duduk sendirian di belakang? Gw menghela nafas.

Gw kembali pada ritual rutin,kuliah dan kegiatan organisasi lainnya. Semua kembali biasa aja baik hati gw dan pikiran gw. Tugas kuliah yang menumpuk merampas pikiran gw. Sampai sore itu, gw yang sedang dalam perjalanan balik dari perpustakaan umum, menerima pesan dari si jenius gw.
Aslmkm ade. Apa kabar? Lagi sibuk apa nih?
Gw agak kaget sebenarnya dapat pesan dari dia. Gw, seseorang yang bisa dibilang angkuh dengan emosi gw, berprinsip jangan perlihatkan rasa suka dengan sering mengirim pesan atau sekedar iseng bertanya kabar padanya. Cukup tunjukkan saja saat di depannya. Iseng berkirim pesan, gw bijak mengambil pelajaran dari masa lalu, hanya akan memupuk perasaan yang ga jelas di dalam hati.
Berhubung dia yang memulai bertanya kabar, gw berusaha membalas dengan ceria seperti biasanya. Setelah gw menjawab dan menerima balasan akan kabarnya, biasanya pembicaraan kita akan berlanjut dengan topik-topik ga penting untuk beberapa pesan ke depan. Sampai akhirnya buntu pembicaraan lagi dan dia berhenti membalas pesan gw. Gw maklum, sebelum-sebelumnya dia juga kadang seperti ini. Saat gw kosong dengan pikiran akan si kacamata ini, maka sebuah pesan darinya akan gw terima. Sesekali dia bilang akan datang ke kota gw untuk mengunjungi saudaranya, dia bilang ingin datang ke kampus gw. Pernah saat seorang temen smp kita datang ke kotanya, si jenius gw mengirim pesan ke gw agar datang juga ke kotanya. Saat gw tanya ke temen gw itu, dia bilang kalau saat dia ingin bertemu si kacamata, cowok aneh ini malah minta temen gw itu untuk sms gw agar gw datang ke kota itu. What?? Apa gw kelihatan segitu penganggurannya, kenapa mereka ga jalan aja sendiri. Kenapa harus ada gw-nya? Betapa terganggunya perasaan gw!! Seperti telur yang sedang digoreng, belum matang benar di satu sisi, sudah dibalik ke sisi sebelahnya, dan begitu sisi lain akan matang, telur sudah diangkat saja. Maka jadilah gw telur ceplok setengah matang!

Gw sesaat ingat suatu masa saat gw dan dia smp. Menjelang ujian kenaikan kelas, sebelum sekolah sore. Teman-teman gw masuk membawa berita. Si jenius gw suka dengan cewek dari kelas lain. Gw menutup komik yang tinggal beberapa halaman lagi dengan gusar. Ga gw perhatiin lagi apa yang diobrolin temen-temen gw.
Sepulang sekolah, gw nungguin temen ngerjain piket bareng si kacamata. Biasanya sekali seminggu kita akan satu mobil karna keadaan ini. Tapi sore ini, yang gw tunggu bukan cuma temen gw.
Begitu piketnya kelar, setelah mengunci pintu kelas, gw tahan langkah agar berjalan bersisian dengan si kacamata di balik punggung temen-temen gw.
"gosipnya bener ga?" bisik gw tanpa basa basi padanya. Dia menoleh, menatap bingung dengan maksud gw.
"kamu beneran suka sama cewek itu?" dia menggeleng, kembali menatap ke depan. Gw menghembuskan nafas lega.
"kamu kan masih pelajar, jangan pacaran dulu ya. Nanti kalo ga juara umum lagi gimana?" bisik gw pelan sekali. Gw rasa dia dengar, karna dia bilang "iya ade, ga kepikiran untuk pacaran kok,"
Lega, gw tepuk tasnya sambil nyengir gembira, lantas berlari menyusul teman-teman gw.

Cerita kali ini menjelaskan kenapa akhirnya gw memaksa diri berhenti tersenyum memikirkan dia, berhenti menunggu pesan darinya. Malam entah kapan, gw lagi buka-buka facebook. Baru juga di halaman home, mata gw menangkap sebuah foto dari account si kacamata. Fotonya bersama seorang cewek dengan pose dekat tersenyum menghadap kamera. Dengan debar hati yang lain, gw buka comments foto itu. Penuh dengan candaan dan tawa dari teman-teman kampus si kacamata. Sejenak gw mencoba berfikir lurus. Ah, daripada bertanya-tanya, lebih baik gw tanya ke orangnya langsung. Tapi gimana cara nanya yang bijak agar gw sendiri ga menyesal nantinya?
Gw iseng aja sekedar bertanya kabar. Kebetulan si kacamata online. Jawaban dia seperti cara dia biasanya menyikapi gw. Gw pengen langsung shoot pada pertanyaan utama gw kali ini, tapi masih ragu apakah cara gw bener atau ga.
Wah, kayanya rame banget komen di fotonya. Foto sama pacar ya?
Ga pake lama, langsung ada balasan dari dia.
Hehe, iya nih.tapi bukan itu orangnya...hehe
Dia masih bales dengan ketawa?! ada yang lucu apa dengan pertanyaan gw? Dia ga taw aja kalo gw lagi kebat kebit nunggu jawaban yang ga bakal bikin gw sedih. Dan dia menjawab apa tadi, bukan itu orangnya? Berarti...
Maksudnya?
Pacarku temennya yang di foto itu de, yang ikutan komen juga?
Hyuuung, Berasa gw baru jatuh ke lautan yang dalam, sambil menggapai kosong ke arahnya. Kali itu, gw kembali cengeng. Gw udah sadar dari dulu bahwa jangan terlalu berharap pada sesuatu yang belum pasti. Gw bahkan berusaha mengendalikan perasaan ke arahnya. Gw taw bahwa gw sendiri yang menciptakan harapan itu. Harapan bahwa dia masih mengingat janjinya. Janji yang mungkin hanya gw sendiri yang mematrinya. Dia sebenarnya ga terlibat dengan masalah gw ini. Ini tentang gw dan hati gw, tapi tentang dialah tema masalah gw ini. Gw yang berfikir akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi karna tindakan dan sikapnya. Gw....mengumpulkan puzzle yang salah. Puzzle milik orang lainlah yang gw coba cocokan pada gambaran gw, padahal gambar kami sama abstraknya.
Semenjak itu, gw menjauh i perasaan gw sendiri. Hari itu benar bahwa gw menangis, benar bahwa gw merasa terluka. Gw mengalah pada perasaan gw sendiri untuk menghindarinya. Untuk berkata benci pada namanya. Pada dia, si jenius berkacamata gw, yang tanpa gw sadari, menjadi cermin untuk gw saat merefleksikan sosok cowok yang akan masuk dalam hati gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar